SISWA SD JUARA BELAJAR MEMBUAT WAYANG KULIT

RZ_wayang_sby2SURABAYA. Karakter sebuah bangsa terkait erat dengan budaya yang dimilikinya. Sejauh mana para generasi penerus dalam memahami dan menjiwai budayanya, akan berbanding lurus dengan kekuatan karakter bangsa.

Sekolah Juara sebagai salah satu lembaga yang dipercaya untuk membantu memperkuat karakter bangsa memiliki tanggung jawab yang tidak ringan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah memadukan pembelajaran dengan penerapan nilai-nilai luhur yang telah melekat kuat sebagi ciri budaya bangsa. Wayang  identik dengan budaya dan bahasa jawa merupakan salah satu budaya anak negeri yang kian terkikis oleh kemoderanan jaman. Anak-anak sebagai penerus harus dibekali dan dikenalkan dengan budaya yang luhur ini.

Sebagai sarana pembelajaran bahasa jawa, entrepreneurship,  Seni Budaya dan Keterampilan siswa-siswi kelas 4 SD Juara Surabaya belajar membuat wayang kulit dari karton bekas. Tentunya tokoh yang digambar adalah mereka yang memiliki sifat-sifat terpuji (ksatria). Harapannya disamping anak-anak memiliki skill juga agar mereka mengenal lebih dekat sifat dan karakter baik dari para ksatria pada tokoh-tokoh wayang tersebut.*** Newsroom/Suradin Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi