SISWA SD JUARA PERINGATI HARI AIR SEDUNIA DENGAN MENGGELAR SIMULASI PENYULINGAN AIR

RZ SDJSby1SURABAYA. Siswa kelas I SD Juara Surabaya menggelar Outing Class di Taman Flora Surabaya atau lebih sering disebut Kebun Bibit Bratang, Rabu (19/3). Dalam kunjungan kali ini para siswa ditemani oleh orangtua mereka.

Kegiatan ini semakin semarak karena para siswa selain membawa makanan, mereka pun membawa bekal bahan simulasi berupa : Botol, gunting, dan kerikil. Simulasi yang mereka gelar tentang simulasi penyulingan air. Acara ini mereka gelar untuk memperingati hari Air Sedunia yang jatuh pada hari ini.

Acara dimulai dengan doa dan dilanjutkan dengan  senam pagi bersama. Setelah rehat sejenak, pemberian informasi seputar hari Air Sedunia pun diberikan. Mulai dari pentingnya air bagi makhluk hidup, berbagai jenis dan manfaat air, sampai mengapa hari Air Sedunia penting untuk diperingati oleh manusia di bumi.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, para siswa dibagi perkelompok. Mereka kemudian diajak untuk melakukan simulasi penyulingan air dengan berbekal berbagai perlengkapan penyulingan berupa : Botol bekas, gunting, paku, pasir, kapas, kerikil, arang batok kelapa dan “ramuan” perpaduan air kolam dan tanah yang telah dikocok.

Instruksi demi instruksi dilaksanakan dengan baik dan benar oleh tiap kelompok. Setiap bahan sudah tersusun dengan tepat sesuai instruksi wali kelas.

Sembari menunggu hasil sulingan, siswa menikmati wahana yang berada di area Taman Flora tersebut. Mulai dari menjajal fasilitas out bond, memberi makan rusa dan ikan koi mengamati aneka macam unggas di dalam sangkar hingga memunguti sampah daun kering yang berada di sebagian area taman. Mereka juga mendapatkan motivasi menjelang Ujian Tengah Semester genap.  Puncak acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang yaitu : Kelompok dengan hasil sulingan terjernihlah yang keluar sebagai pemenangnya dan mendapatkan bintang terbanyak.***

Newsroom/Suradin
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi