SISWA SMP JUARA ANTUSIAS IKUTI PRAKTIKUM SAINS

PEKANBARU. SISWA SMP JUARA ANTUSIAS IKUTI PRAKTIKUM SAINSPada hari Rabu (23/03) peserta didik kelas 7 Madinah berkesempatan melakukan praktikum Sains. Tema praktikum kali ini ialah “Uji Zat Makanan”, adapun yang diuji adalah kandungan lemak, amilum dan glukosa, bahan-bahan pokok yang biasa dikonsumsi sehari-hari seperti gandum, nasi, susu, sagu dll itulah yang menjadi bahan dasar pada percobaan kali ini.

Untuk uji amilum, terlebih dahulu semua bahan dihaluskan kemudian diletakkan kedalam plat tetes dan ditetesi dengan larutan lugol dan diamati perubahan warna yang terjadi pada bahan makanan. Untuk uji glukosa kita menggunakan larutan benedict, bahan makanan dimasukkan ke dalam tabung reaksi dan diberi beberapa tetes larutan benedict setelah itu dipanaskan di dalam gelas kimia yang telah diisi air, kemudian amati perubahan warna yang terjadi pada bahan makanan tersebut.

Sedangkan untuk uji lemak kita menggunakan alat yang lebih sederhana yaitu kertas buram, kertas yang biasa digunakan sebagai sampul buku. Bahan makanan dioleskan pada kertas buram, bahan yang mengandung lemak akan menyebabkan kertas buram menjadi transparan.

Kesimpulan pada percobaan kali ini ialah bahan makanan yang mengandung amilum akan berwarna kehitaman jika ditetesi lugol, sedangkan bahan makanan yang mengandung glukosa akan memberikan warna merah bata. Pada uji lemak kertas buram akan terlihat transparan yang membuktikan bahwa makanan tersebut mengandung lemak.

“Penilaian pada praktikum kali ini selain menilai kecakapan dan ketelitian saat melakukan percobaan juga menilai kesimpulan akhir yang mereka dapatkan dari hasil percobaan,” Tutur bu Fitri selaku guru pendamping pada percobaan ini.***

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi