SMP JUARA PEKANBARU JALIN KERJA SAMA DENGAN ILMPI CIPTAKAN SEKOLAH BERPRESTASI

PESMP JUARA PEKANBARU JALIN KERJA SAMA DENGAN ILMPI CIPTAKAN SEKOLAH BERPRESTASIKANBARU. SMP Juara Pekanbaru kembali melaksanakan Parenting School pada Kamis (21/04) dengan tema “Keterlibatan Orang Tua Dalam Proses Pencapaian Prestasi Belajar dengan Menggunakan Metode FGD (Focus Group Discussion)”.

Dalam kegiatan ini SMP Juara Pekanbaru bekerja sama dengan ILMPI (Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia) untuk menjadi fasilitator dalam acara Parenting School. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Nurhasanah selaku penanggung jawab kegiatan, kemudian dilanjutkan dan penyampaian materi oleh ILMPI. Adapun kegiatan ini diikuti oleh lebih dari 100 orang tua siswa. Kegiatan yang dilaksanakan di aula SMP Juara Pekanbaru ini berlangsung dari mulai pukul 08.30 sampai 11.00 WIB.

“Keterlibatan orang tua dalam proses belajar anak cukup penting. Pendidikan dalam keluarga merupakan basis pendidikan yang pertama dan utama. Situasi keluarga yang harmonis dan bahagia akan melahirkan anak atau generasi-generasi penerus yang baik dan bertanggung jawab. Peran orang tua yang seharusnya adalah sebagai orang pertama dalam meletakkan dasar-dasar pendidikan terhadap anak-anaknya. Dengan hal tersebut, kehidupan keluarga terutama peran orang tua merupakan lingkungan pendidikan pertama yang mempunyai peranan penting dalam menentukan dan membina proses perkembangan anak,” jelas Fuady salah satu perwakilan ILMPI.

Selanjutnya orang tua diminta untuk membahas dalam Grup Diskusi tentang Bagaimana mencapai prestasi Anaknya. Disini orang tua siswa menggali hal-hal yang menjadi permasalahan, penghambat, serta hal-hal lainnya. Selanjutnya setiap orang tua siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan kepada orang tua lainnya.
Metode FGD merupakan sarana untuk membangun kepekaan dan daya berpikir orang tua agar bisa memiliki banyak cara agar anaknya bisa menjadi siswa yang berprestasi.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMP Juara, Ruzianita menyebutkan bahwa parenting school ini merupakan agenda rutin SMP Juara Pekanbaru. Kegiatan ini merupakan langkah untuk melibatkan orang tua dalam membantu siswa menuju kesuksesan dan berprestasi.
“Kita tidak hanya berprestasi di bidang akademik seperti nilai yang bagus, namun aspek sikap dan relegius yang sudah kita canangkan dalam core value menjadi standarisasi prestasi bagi siswa-siswa kita,” ungkap Ruzianita.

Newsroom/Adi Hamdani
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi