SMP JUARA PEKANBARU SUSUN MENU MAKAN SEHAT NAN LEZAT

PEKANBARU. SMP JUARA PEKANBARU SUSUN MENU MAKAN SEHAT NAN LEZATSebelumnya kami sudah mencari referensi mengenai kandungan gizi pada makanan, kami dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing menyajikan menu makanannya yang berbeda, ada yang menyajikan menu makan pagi, siang, juga menu makan malam.

Siswa kelas 7 Madinah SMP Juara Pekanbaru belajar menyusun menu makanan seimbang pada hari Rabu (30/03) kemarin. Kelompok pertama yang beranggotakan Andreas, David, Rama, Ardi dan Ridho memilih menu makan siang yang terdiri dari nasi, ikan, sayur dan buah. Dikelompok kedua Sefia dan kawan-kawan menyajikan menu sarapan pagi dan makan malam, untuk menu sarapan mereka memilih roti dan susu coklat sedangkan menu makan malam terdiri dari nasi ikan dan sayur.

Kelompok ketiga, Rozi dan teman-teman memilih roti dan jus tomat sebagai menu sarapan yang mereka sajikan. Tidak jauh berbeda dari kelompok ketiga kelompok keempat juga menyajikan menu sarapan roti tawar dengan toping coklat dan susu coklat.

Setelah masing-masing kelompok menyiapkan menu makanannya, secara bergiliran mereka memaparkan kandungan gizi dari menu yang mereka pilih. Dan memberikan kritik dan saran yang membangun kepada masing-masing kelompok .
Pembelajaran ditutup dengan menarik kesimpulan mengenai 10 pesan gizi seimbang yakni :
1. Syukuri dan nikmati aneka ragam jenis makanan
2. Banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan
3. Konsumsi lauk Pauk berprotein tinggi
4. Konsumsi aneka ragam makanan pokok
5. Batasi konsumsi makanan manis, asin dan berlemak
6. Biasakan sarapan pagi sebelum beraktifitas
7. Minum air putih yang cukup dan aman
8. Biasakan baca label pada kemasan makanan
9. Biasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir
10. Berolahraga secara teratur dan jaga berat badan normal

“Saya senang sekali karena kelompok saya menjadi kelompok terbaik pada kegiatan praktikum kali ini karena kata Bu guru kelompok kami menyajikan menu makanan yang pas dan seimbang. Tepat jadwal, tepat jenis dan tempat jumlah,” tutur Novita.***

Newsroom/Yuliza fitri
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi