SOLO BERDAYA DENGAN KEBUN GIZI MANDIRI

RZ LDKO CilegonSOLO. ICD Ngemplak Sutan, Mojosongo, Solo dikelola langsung oleh Cita Sehat Foundation (CSF) yang merupakan member of dari RZ dalam bidang kesehatan. Berbasis potensi lokal yang dimiliki wilayah Mojosongo RZ dan CSF mengembangkan program kesehatannya secara komprehensif. Tak hanya melakukan tindakan pengobatan, tapi juga mengedukasi masyarakat guna mencegah terjaring sakit.

Edukasi dilakukan melalui sosialisasi terutama saat melakukan aksi Siaga Sehat, juga dengan membangun komunitas-komunitas masyarakat yang sadar akan pentingnya hidup bersih dan sehat. Salah satu kegiatan yang paling menonjol dari ICD ini adalah Kebun Gizi Mandiri.

Kebun Gizi Mandiri merupakan perkebunan dengan konsep tumbuhan yang ditanam memiliki nilai gizi bagi manusia. Prosesnya dengan memanfaatkan lahan pekarangan sebagai akses pemenuhan gizi keluarga. Hingga saat ini telah terbentuk 3 kebun gizi induk dengan jumlah partisipan 70 KK.

Program ini juga telah diakui Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Kesehatan sebagai salah satu program mandiri kategori nutrisi. Diharapkan gerakan ini dapat menjadi stimulus bagi warga lainnya untuk menanam sayur dengan mengoptimalkan lahan pekarangan rumah. Karena hasilnya bukan hanya dinikmati sendiri tapi juga menjadi produk yang dapat dijual. Seperti warga di ICD ini mereka sudah dapat menjual benih dan bibit sayuran, pupuk organik, polybag, dan kuliner berbahan baku lokal yang pada akhirnya mendatangkan keuntungan untuk ekonomi keluarga.

Sumber : RZ Magz #15

Tags :
Konfirmasi Donasi