SOSIALISASI #CERDIK GUGAH WAWASAN KESEHATAN MASYARAKAT MALANG

sosialisasi-cerdik-gugah-wawasan-kesehatan-masyarakat-malangMALANG. Pada (19/10) Cita Sehat bersama RZ menyelenggarakan kampanye CERDIK Cegah Penyakit Tidak Menular di kota Malang. Ada suasana berbeda di ruang tunggu Puskesmas Bantur. Para pengunjung yang sedang menunggu giliran pemeriksaan terlihat serius menyimak penjelasan yang disampaikan oleh Fildzah dan Risyda, tim dari Cita Sehat dan RZ yang merupakan alumni dari Fakultas Kesehatan Universitas Brawijaya.

Cita Sehat sebagai salah satu Non Governmental Organization yang bergerak di bidang kesehatan bersama RZ mengadakan kegiatan Sosialisasi Program CERDIK di Puskesmas Bantur, Kota Malang. Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang ini diawali dengan perkenalan dan penjelasan maksud kegiatan yang dilakukan oleh tim Cita Sehat bersama RZ. Dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Fildzah dan Risyda. Mereka menjelaskan materi seputar penyakit tidak menular.

“Penyakit tidak menular adalah penyakit yang tidak dapat ditularkan kepada orang lain. Penyakit tidak menular biasanya terjadi karena faktor keturunan dan gaya hidup yang tidak sehat. Meskipun kita dekat atau kontak body dengan si penderita tetapi kita tidak akan tertular penyakit tersebut.”, Fildzah menjelaskan.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya penyuluhan mengenai langkah-langkah pencegahan penyakit tidak menular seperti diabetes, reumatik, sariawan, hipertensi, osteoporosis, depresi dan lain-lain. Adapun kepanjangan dari kata CERDIK adalah:

C-ek kesehatan secara rutin
E-nyahkan asap rokok
R-utin olahraga
D-iet seimbang
I-stirahat cukup
K-elola stress

Langkah tersebut dikemas menjadi Sosialisasi #cerdik Cegah Penyakit Tidak Menular agar mudah dipahami dan diingat oleh masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan dengan harapan dapat menambah wawasan kesehatan kepada masyarakat. Sehingga dapat menurunkan jumlah penderita penyakit tidak menular di Indonesia, khususnya di Kota Malang.

“Senang sekali dapat ilmu baru hari ini. Sambil menunggu antrian bisa sambil belajar tentang CERDIK. Baru pertama kali ini ada yang sosialisasi. Semoga dapat saya terapkan nanti.”, ujar Teguh (57), salah satu peserta sosialisasi.

Newsroom/Nurul Rahayu
Malang

Tags :
Konfirmasi Donasi