STUDI BANDING PENGURUS BANK SAMPAH UJUNGRUSI BELAJAR TANAM BUAH DALAM POT

TEGAL. Pengurus Bank Sampah Ujungrusi bersama fasilitator Rumah Zakat melakukan studi banding bertajuk “Tanaman Buah Dalam Pot” di Kecamatan Dukuhwaru dan belajar membudidayakan tanaman obat keluarga di lokasi Wisata Kesehatan Jamu Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal.

Tanaman buah dalam pot di Desa Dukuhwaru ini dikelola kelompok usaha tani. Banyak yang melakukan studi banding ke Desa Dukuhwaru tersebut, diantaranya lembaga dan ada juga secara individu. “Benih yang sudah kita beli di sini dan ilmu yang didapatkan bisa kita terapkan untuk memperindah lingkungan Desa Ujungrusi. Ilmunya juga bisa dibagikan ke warga desa secara keseluruhan, “ ungkap Irah selaku ketua Bank Sampah Ujungrusi. Jumat, (12/01/2018).

Bank Sampah Ujungrusi merupakan kelompok binaan Rumah Zakat yang berlokasi di Desa Ujungrusi, Kecamatan Adiwera, Kabupaten Tegal. Kelompok beranggotakan dari Ibu-Ibu PKK, mereka saling mengisi dan berkontribusi dengan visi mewujudkan Desa Ujungrusi yang berkah, sehat, tertata dan lestari.

Selanjutnya rombongan pengurus Bank Sampah berada di lokasi Wisata Kesehatan Jamu. Lokasi tersebut dimiliki oleh pemerintah daerah Kabupaten Tegal. Berbagai jenis tanaman obat berada di sana, selain bisa membeli bibit mereka yang berkunjung bisa bercocok tanam dan bisa merasakan pengobatan dengan berbagai jenis tanaman obat.

“Terima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah mendukung kegiatan studi banding. Bibit tanaman yang kita dapatkan akan dikelola untuk kepentingan masyarakat Desa Ujungrusi. Masyarakat desa boleh meminta bibit jika sudah berkembang,” ucap Irah yang juga merupakan toko pendidikan di Desa Ujungrusi.

 

Newsroom/ Yadi Mulyadi
Tegal

Tags :
Konfirmasi Donasi