SULHAIDI, SIAP MENJADI FASILITATOR DESA BERDAYA DI LOMBOK

LOMBOK. Sulhaidi, pria yang berprofesi sebagai guru ini mengaku siap untuk menjadi Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat di Lombok. Pengalamannya di bidang pemberdayaan sudah cukup

mumpuni.  Pada tahun 2013-2016 ia pernah melakukan pemberdayaan di Sumbawa dan Papua. “Dulu saya pernah melakukan pendampingan seperti ini, namun fokusnya di bidang pendidikan” ungkap Sulhaidi.

Sulhaidi, pria kelahiran Lombok Timur ini, kini menetap di Desa Sesela Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Di sanalah ia akan melakukan pemberdayaan untuk masyarakat. Menurutnya, secara umum masyarakat di  Desa Sesela berprofesi sebagai pengrajin mebel dan cukli/cangkang kerang. Cukli ini merupakan salah satu potensi yang digunakan warga untuk menghias kursi mebel.

Jika dilihat dari profil desa, hampir 3000 penduduknya berprofesi sebagai pengrajin. Potensi Desa di bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan ada juga, tapi prosentasi hanya sedikit. Potensi desa tersebutlah yang akan coba ia berdayakan.

Sulhaidi mengaku bahwa ada kebahagiaan tersendiri jika dirinya bisa berbagi dan berbuat banyak untuk orang lain. Dengan alasan itulah, ia siap menjadi Fasilitator Desa Berdaya.

“Terkadang kering rasanya saat orientasi kita hanya pada sesuatu yang sifatnya untuk diri sendiri. Lain halnya jika kita bisa memberi kepada orang lain” papar Sulhaidi.

Keluarganya, terutama istinya, sudah mengikhlaskan dirinya untuk berbuat mengabdi pada masyarakat. “Dulu, saat saya melakukan pendampingan di Papua, dengan berat hati saya meninggalkan istri dan keempat orang anak. Waktu itu anak ketiga saya baru lahir, tapi untungnya istri saya mengikhlaskan itu semua. Alhamdulillah sekarang saya ditempatkan di Lombok Barat, jadi bisa kumpul dengan keluarga.” Pungkasnya.

Tak hanya di Desa Sesela, pasca gempa Lombok Rumah Zakatlangsung menginisaisi pembentukan Desa Berdaya di Lombok terutama di daerah gempa seperti Lombok Utara. Desa Menggala, Kecamatan Pamenang Lombok Utara juga menjadi salah satu Desa Bedaya Rumah Zakat di Lombok. Melalui fasilitatornya Mustiadi Rumah Zakat membangun Hunian Sementara yang terintegrasi, membangun pasar berdaya dan nantinya akan dilaksanakan berbagai kegiatan pemberdayaan Masyarakat.

Newsroom
Eti Nurhayati / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi