SUPER ORGANO, PUPUK ORGANIK BUATAN WARGA DESA MEKARWANGI

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Salah satu potensi di Desa binaan RZ ICD Mekarwangi Lembang Kab. Bandung Barat adalah pertanian. Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi sayur dan buah organik, membuat Kelompok Bina Tani Bangkit Mandiri menciptakan pupuk organik untuk kegiatan bercocok tanam mereka yang diberi nama Pupuk Super Organo.

Kelompok Bina Tani Bangkit Mandiri Desa Mekarwangi berusaha membuat pupuk yang unggul, berkualitas dan mampu bersaing dengan merk pupuk-pupuk lainnya. Dengan nama dagang pupuk Super Organo, kelompok Bina Tani ini mengawali usaha pembuatan pupuk organik cair segar sejak Oktober 2014.

Setiap bulannya, Kelompok Bina Tani ini bisa menghasilkan 150 liter Super Organo, atau sebanyak 150 botol, dengan harga jual sebesar Rp35.000/botol.

Terlebih dengan adanya bantuan uji lab, membuat Kelompok Bina Tani ini lebih bersemangat untuk mengembangkan produk pupuk buatannya. Dengan adanya bantuan uji lab, menjadikan pupuk Super Organo menjadi lebih percaya diri untuk ikut bersaing secara berkualitas dengan pupuk-pupuk lainnya yang beredar di pasaran. Selain itu, warga Kelompok Bina Tani ini pun tidak segan menawarkan dan memperkenalkan produk pupuk buatannya kepada para petani lokal dan daerah sekitar.

“Saat ini, Super Organo digunakan terlebih dahulu oleh para petani di Kelompok Bina Tani. Beberapa petani sekitar juga ada yang pakai Super Organo, karena petani juga ingin melihat hasil tanaman yang diberi pupuk ini. Kalau hasil tanamannya bagus, biasanya para petani saling memberitahu kepada petani lainnya dan ikut berbondong-bondong untuk menggunakan pupuk yang memberikan hasil yang bagus tersebut,” tutur Karya, ketua kelompok Bina Tani Bangkit Mandiri.

Salah seorang anggota Kelompok Bina Tani bernama Mardiman juga telah merasakan hasil dan manfaat dari penggunaan Super Organo ini. Dia mengatakan bahwa ada perbedaan yang mencolok antara tanaman yang menggunakan Super Organo dengan yang tidak. “Tanaman yang menggunakan Super Organo, hasilnya lebih bagus. Buahnya lebih besar dan manis,“ tutur Mardiman.***

Newsroom/RZ Magz #20Mei2015
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi