TANGGAP GEMPA SITUBONDO, RELAWAN RUMAH ZAKAT MENUJU KABUPATEN SUMENEP

SURABAYA. Gempabumi dengan kekuatan magnitudo M6,4 mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis (11/10/2018) pukul 01.57 WIB.

BMKG melaporkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,47 LS dan 114,43 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Propinsi Jawa Timur pada kedalaman 12 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke BPBD Provinsi Jawa Timur. Data sementara dampak gempa dilaporkan 3 orang meninggal dunia dan beberapa rumah mengalami kerusakan. Daerah yang terparah adalah di Kecamatan Gayam Kabupaten Semenep Jawa Timur.

Korban meninggal akibat tertimpa bangunan yang roboh. Kejadian gempa Kamis dini hari saat korban sedang tidur tiba-tiba gempa mengguncang dan rumah roboh sehingga korban tidak bisa menyelamatkan diri.

Selain itu beberapa rumah mengalami kerusakan. BPBD Provinsi Jawa Timur dan BPBD Kabupaten Sumenep masih melakukan pendataan.
Merespon situasi tersebut, Rumah Zakat mengirimkan relawan ke Kab. Sumenep sebagai salah satu yang terkena dampak gempa Situbondo pada Kamis(11/10) siang. “Tim berangkat langsung dari Surabaya menuju Kabupaten Sumenep, perairan Situbondo menggunakan jalur laut menyeberang dengan kapal Ferry. Rencana akan ikut evakuasi korban, layanan medis dan kirim logistic,” ungkap Adhitya Evan Branch Manager Rumah Zakat Surabaya.

Newsroom
Adhitya / Yadi Mulyadi

 

Tags :
Konfirmasi Donasi