[:ID]TANGKAL CORONA DI DESA, RUMAH ZAKAT-PERANGKAT DESA ADAKAN RAPAT KONSOLIDASI[:]

[:ID]

Antisipasi corona masuk desa, Relawan Rumah Zakat adakan rapat konsolidasi bersama perangkat desa, Sabtu 21 Maret 2020. (Foto: Rumah Zakat)

JEMBER, Rumah Zakat – Sejak diumumkan sebagai bencana nasional non alam oleh BNPB pada 14 Maret 2020, penyebaran virus corona menjadi perhatian banyak pihak. Rumah Zakat melalui program Desa Berdaya juga mulai fokus membantu masyarakat desa untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Sementara itu di Desa Suci, Panti, Jember, Relawan Rumah Zakat yang bertugas sebagai fasilitator program Rumah Zakat, telah melakukan edukasi tentang virus corona kepada jamaah ibu-ibu Muslimat pada 11 Maret 2020 lalu.

Sebagai langkah pencegahan yang lebih masif di seluruh wilayah desa, relawan bersama perangkat desa dan relawan Desa Tangguh Bencana (Destana) melakukan konsolidasi di Kantor Desa Suci pada Sabtu 21 Maret 2020.

Adapun upaya yang dilakukan adalah penyemprotan disinfektan pada sarana umum, terutama tempat ibadah di seluruh wilayah Desa Suci. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, dibentuklah Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan Covid-19 yang terdiri dari unsur perangkat desa, relawan destana, dan lembaga terkait termasuk relawan Rumah Zakat.

Setidaknya ada 17 masjid dan 1 gereja yang akan dilakukan penyemprotan. Satgas kemudian dibagi menjadi 3 tim yang menangani sarana ibadah yang ada di 3 dusun.

Selain penyemprotan, upaya lain yang akan dilakukan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari infeksi virus corona.

Relawan menambahkan bahwa pendataan kepada warga desa, terutama yang masuk dalam kategori Orang Dalam Risiko (ODR) ataupun Orang Dalam Pemantauan (ODP) perlu dilakukan sebagai langkah antisipasi.

“Warga Suci banyak yang merantau, termasuk ke Bali dan luar negeri, saat ini ada beberapa yang pulang dan perlu didata oleh desa sebagai langkah antisipasi jika kemudian warga tersebut menunjukkan gejala corona,” ujar Eriek Mustaqim dalam rapat konsolidasi.

Oleh karena itu, sebagai langkah antisipasi terhadap infeksi corona melalui rapat konsolidasi akan diputuskan upaya apa saja yang akan dilakukan oleh relawan dan pihak terkait yang ikut di dalamnya.

Newsroom

Eriek Mustaqim/Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia