TBIG BERSAMA RZ SIAP DUKUNG EKSPEDISI BHAKESRA 2014

RZ TBIGJAKARTA. PT Tower Bersama Infrastructure Group, sebagai perusahaan penyedia infrastruktur untuk penempatan BTS, kembali mendukung aksi Ekspedisi Bhakti Kesra Nusantara (Ekspedisi Bhakesra) tahun 2014 yang diselenggarakan Kemenko Kesra dengan meluncurkan Mobil Klinik Gratis. Mobil klinik tersebut digunakan untuk melayani pulau-pulau terpencil dan terluar Indonesia diantaranya Pulau Buton, Pulau Obi, Pulau Fam dan Pulau Raja Ampat yang diluncurkan pada 7 Mei 2014 oleh Menko Kesra Agung Laksono, Presiden Direktur TBIG Herman Setya Budi, dan CEO RZ (Rumah Zakat) Nur Efendi.

Agung Laksono mengatakan, bahwa Ekspedisi Bhakesra ini dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau-pulau terpencil dan terdepan melalui kegiatan terpadu dari berbagai kementrian /lembaga, BUMN, dunia usaha, dan organisasi kemasyarakatan.

Saat ini Indonesia sedang menghadapi tahun–tahun terakhir dari pencapaian MDGs agar rakyat lebih sejahtera. Dari 8 tujuan yang ditetapkan, ada empat yang sulit tercapai yaitu, target 5a, yaitupenurunan Angka Kematian Ibu melahirkan yang saat ini menurut SDKI 2012 angkanya 359/100.000 kelahiran. Padahal targetnya dalah 108/100.000 kelahiran. Selain itu target 5b, penurunan Angka Total fertility Rate (TFR) yang stagnan di 2,6 % sulit mencapai target 2,1 %. Selanjutnya target no 7 tentang cakupan air bersih dan pengelolaan air kotor yang masih rendah yaitu sekitar 45 %, serta tujuan ke enam yaitu penurunan penderita HIV/AIDs dan peningkatan pengetahuan anak remaja terhadap HIV/AIDS.

Disamping itu, yang masih dihadapi adalah anak-anak yang tidak mendapatkan gizi yang dibutuhkannya bagi perkembangan mental dan fisik di masa kanak-kanak yang dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan (bayi pendek untuk rata-rata usianya/stunted); dan mengalami berat badan kurang, di bawah standar rata-rata (underweight).

Untuk itu, Agung Laksono sangat menyambut gembira atas partisipasi TBIG dalam Bhakesra ini, beliau menghimbau agar Monik TBIG ini dapat memfokuskan pada Kesehatan Ibu dan Anak, baik di Posyandu maupun membantu Puskesmas dan Rumah Sakit yang memerlukan bantuan layanan kesehatan.

Sementara itu Presiden Direktur TBIG Herman Setya Budi mengatakan, bahwa TBIG akan selalu siap mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa. ”Mobil kesehatan TBIG ini memfokuskan diri pada pemberian makanan tambahan bagi balita dan cek kesehatan serta penyuluhan bagi ibu hamil dan ibu menyusui, namun kami juga memberikan layanan cek kesehatan gratis bagi masyarakat serta pengobatan ringan secara gratis. Kami juga akan terus meningkatkan cakupan CSR kami agar dapat memberikan manfaat bagi kesejahteraan bangsa.”

Saat ini Mobil Kesehatan TBIG sudah melayani daerah-daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Lampung. Di tahun 2014 ini, TBIG juga akanmeluncurkan 2 mobil kesehatan tambahan untuk membantu melayani area-area yang minim akses kesehatan di seluruh Indonesia dan sifatnya tanggap bencana.

Dalam pengoperasiannya, Mobil Kesehatan TBIG dibantu oleh RZ (Rumah Zakat), yang dilengkapi oleh perlengkapan medis yang cukup memadai seperti USG Mindray, scoop stretcher, mobile stretcher, oxygen, emergency kit dan first aid kit, suction unit, minor surgery set, dan lain-lain untuk menunjang pelayanan yang diberikan.

Sumber: www.swa.co.id

 

Tags :
Konfirmasi Donasi