TINGKATKAN MINAT BACA DENGAN PERPUSTAKAAN JUARA

SURABAYA. (05/04) Moses adalah salah satu anggota termuda Perpustakaan Juara di Sukomanunggal, Surabaya. Meski usianya belum genap 6 tahun, dan masih terbata membaca, tapi ia tak putus asa. Di antara suara gemuruh angklung anak juara yang sedang latihan, suara cadelnya terdengar bersemangat melafalkan huruf demi huruf di tiap lembar buku yang dibacanya.

Lain Moses lain pula Angel, meski tak terdaftar sebagai anak juara dan tidak mendapat beasiswa dari Rumah Zakat, tapi ia adalah pengunjung rutin perpustakaan juara dan juga aktif mengikuti TPA atau Taman Pendidikan Al Quran. Ia mengaku senang berkumpul bersama teman-teman sebayanya tiap sore dan melakukan kegiatan yang bermanfaat.
“Kegiatan yang diadakan di sini memang bersifat umum, meski sebagian besar anggotanya tentu anak juara yang mendapat beasiswa dan pembinaan dari Rumah Zakat,” ujar Faruq, Fasilitator Pendidikan Desa Berdaya di Kecamatan Sukomanunggal, Surabaya.

Rumah dengan plang bertuliskan “Perpustakaan dan TPA Juara” itu tak terlalu besar, tapi kesan hangat terlihat dari keceriaan anak-anak juara yang berkumpul setiap sore. Halamannya bisa menampung lebih dari 50 anak juara yang rutin belajar membaca Al Quran, latihan angklung atau hanya sekadar duduk-duduk dan membaca buku yang tersusun rapi di rak perpustakaan.

“Alhamdulillah, akhirnya kami mendapat tempat yang cukup representatif untuk berkumpul dan melakukan berbagai aktivitas bersama anak-anak binaan Rumah Zakat. Ini tahun keempat kami menempati rumah ini setelah sebelumnya berpindah-pindah,” lanjut Faruq.

Sudah sejak tahun 2006 Faruq aktif menjadi relawan Rumah Zakat. Saat itu statusnya masih menjadi mentor yang melakukan pembinaan terhadap anak-anak juara. Setelah diamanahi menjadi Koordinator Wilayah Sukomanunggal, ia mulai menjalankan beberapa program rutin untuk anak-anak di sana.

Menurut Faruq tak ada kendala yang berarti ketika ia mulai  menyosialisasikan program Rumah Zakat di Sukomanunggal. Faruq mengembangkan tiga program utama pendidikan yaitu TPA, Angklung Juara serta Perpustakaan Juara. Namun begitu, meski bisa dibilang sebagai basecamp anak-anak juara, tapi banyak kegiatan Rumah Zakat diselenggarakan di rumah ini. Bahkan ibu-ibu wali dari para anak juara juga terbiasa berkumpul di sini untuk menerima pembinaan.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi