UPAYA PEMENUHAN GIZI BALITA, RELAWAN INSPIRASI JAJAKI PEDALAMAN MAGELANG

RZ LDKO CilegonMAGELANG. (18/02). Setiap orang tua berharap anaknya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Perkembangan tumbuh balita secara menyeluruh berhubungan erat dengan masalah gizi. Faktor ini sangat perlu diperhatikan, karena akan menghambat pertumbuhan dari berbagai segi misalkan; kecerdasan, daya tahan tubuh, berat badan, tinggi badan, keceriaan dan lain-lain. Sebagai bentuk kepedulian dalam masalah ini, RZ menggelar program Siaga Gizi Balita.

Implementasi program mulai dilaksanakan sejak bulan Desember 2014 di Desa Trenten, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Terdapat 1 balita mengikuti program ini. Dan di bulan Januari 2015 didapati 2 balita lagi yang masih berstatus di bawah garis merah.

Desa Trenten merupakan sebuah lokasi yang berada di pedalaman Kabupaten Magelang. Wilayah yang suliit di jangkau oleh kendaraan umum. Mata pencaharian warga pada umumnya sebagai petani. Rumah warga terbuat dari bambu besek, rata-rata penghasilan warga di wilayah ini kurang dari 1 juta dengan jumlah anak perkeluarga 2 sampai 4 orang.

“Setelah kami ketahui, ternyata Fasilitas kesehatan yang dapat diakses hanya Puskesmas yang berada cukup jauh dari tempat tinggal warga. Tidak ada angkutan umum untuk menuju ke puskesmas ini. Jarak lokasi Puskesmas dengan tempat tinggal warga kurang lebih 10 km. Tiga balita BGM ini berada di dusun yang berbeda dengan jarak antara 3-4 km,” tutur relawan RZ, Emi Mursyidawati.***

Newsroom/Diki Taufik
Magelang

Tags :
Konfirmasi Donasi