WARGA DESA CIMUNGKAL IKUT MERASAKAN KEBAHAGIAAN MENDAPAT AIR BERSIH

MAJALENGKA, Sabtu (16/11) – Desa Cimungkal merupakan desa yang berbatasan dengan desa Lemah Sugih kabupaten Majalengka. Desa ini terletak di kaki gunung Cakrabuana yang beberapa bulan terakhir ini mengalami kekeringan, masyarakat desa Cimungkal sangat membutuhkan air, untuk keperluan wudhu, memasak, dan mandi.

Menurut bapa RW 04 Air sebetulnya ada, namun debitnya kecil, sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan warga masyarakat Ciledug. Persediaan air yang ada sangat tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, kemarau panjang mengakibatkan debit air di mata air semakin hari semakin berkurang. Saat ini masyarakat mengambil air ke tempat tempat yang bisa dijangkau, bahkan ke lembah-lembah yang masih ada sumber mata air. Ada beberapa masyarakat rela mengantri untuk mendapatkan air dari lembah-lembah yang ada mata airnya.

Berkoordinasi dengan pemerintah setempat, Aparatur Desa, dan juga BPD Rumah Zakat Salurkan Bantuan Air Bersih Ke Desa Cimungkal. Dalam penyaluran air bersih tersebut, sekitar pukul 15.30 masyarakat berbondong-bondong membawa jerigen air, dan ember, untuk mengisi air.

Wawan Kuswendi selaku fasilitator Desa Berdaya membenarkan bahwa daerah Ciledug  khusus RW 04 desa Cimungkal begitu kesulitan mendapatkan air bersih, setiap hari ibu-ibu, banyak berlalu lalang ke mata air, yang ada di lembah Cimangi, dan situ untuk mengisi air dan bak. Meski sempat hujan berkali-kali juga, ternyata belum bisa mengalirkan air.

“Allhamdullillah menghaturkan terima kasih kepada Rumah Zakat yang telah membantu masyarakat Desa Cimungkal khususnya RW 04 Dusun Ciledug. Memang betul, bahwa debit air mulai turun, dikarenakan kemarau panjang.” ujar bapa wowos selaku ketua BPD.

Newsroom

Izzatul Yazid / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi