WARGA MANDIRI, LINGKUNGAN LESTARI

RZ LDKO CilegonMEDAN. Bank Sampah merupakan program reguler yang dilakukan RZ untuk perbaikan lingkungan tingkat kelurahan atau ICD. Program ini dilaksanakan di hampir semua ICD RZ di seluruh Indonesia, salah satunya adalah Lingkungan XIV Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Medan.

Permasalahan sampah sudah menjadi cerita lama di wilayah rawan banjir Kelurahan. Sunggal ini. Oleh karena itu, untuk memperbaikinya, RZ bekerja sama dengan masyarakat setempat membuat kelompok bank sampah. Dengan dibantu oleh Kepala Lingkungan dan ibu-ibu Perwiritan, terbentuklah bank sampah Orange pada 22 Januari 2014.

Dengan terbentuknya kelompok ini warga diminta untuk berperan aktif dalam pelestarian lingkungannya sendiri. Untuk membangun kesadaran tersebut tim RZ selain memberikan edukasi yang bersifat masif juga memfasilitasi mereka dengan pengadaan tools seperti plang bank sampah, baliho edukasi bank sampah juga tong pemilahan sampah sebanyak 5 buah.

Pembinaan kepada warga yang dilakukan setiap pekan membuahkan hasil menggembirakan. Setelah 7 bulan berjalan, warga dapat menjalankan perannya masing-masing sebagai agen perbaikan lingkungan. Mereka memahami dan memulai pemilahan sampah dari rumah mereka sendiri. Walaupun tidak semua masyarakat mau

memberikan hasil pilah sampahnya ke bank sampah yang disediakan RZ, paling tidak yang dilakukan masyarakat sangat berdampak positif terhadap kondisi lingkungannya. Kini sampah yang berserakan itu sudah berkurang drastis.

Kehadiran RZ dengan program bank sampah sangat membantu untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungannya. Sekarang bank sampah ini langsung dikelola oleh masyarakat, terutama ibu-ibu. Mereka aktif setiap hari Minggu dengan membawa hasil pilah sampahnya sekaligus melakukan senam sehat bersama. Hasil dari pengumpulan pilah sampah ini akan dimanfaatkan untuk kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan. Pihak RZ hanya memonitoring setiap minggunya agar masyarakat Sunggal lebih mandiri dan tidak merasa ketergantungan kepada RZ.***

Sumber : http://www.mandiribisa.org/warga-mandiri-lingkungan-lestari#.VQD4vY4xXDc

Tags :
Konfirmasi Donasi