73% PENERIMA MANFAAT DI DESA BERDAYA MANGGAR MENGALAMI KENAIKAN PENDAPATAN

Kelurahan Manggar merupakan salah satu wilayah Desa Berdaya yang dibina oleh Rumah Zakat, yang terletak di Kecamatan Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Kelurahan Manggar terdiri dari 70 Rukun Tetangga (RT) dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 13.484 KK.

Jumlah penduduk di Kelurahan Manggar tercatat sebesar 28.117 jiwa.

Salat satu program di Desa Berdaya Manggar adalah Program Bantuan Kewirausahaan yang terdiri dari Edukasi Kewirausahaan, Bantuan Modal, Sarana Usaha, Pendampingan Good Manufacturing Practices (GMP), pendampingan legalitas, penguatan produk dan pendampingan regular yang dilakukan setiap minggunya.

“Program Bantuan Kewirausahaan adalah program pemberdayaan ekonomi berbasis usaha kecil dan mikro, dalam bentuk pengadaan modal dan/atau infrastruktur serta sarana penunjang aktivitas usaha yang telah dimilikinya,” tutur Murni Alit Baginda, Chief Program Officer Rumah Zakat.

“Bantuan yang diberikan kepada setiap penerima manfaat berdasarkan hasil assessment kebutuhan usaha penerima manfaat itu sendiri,” tambah Murni.

Selama tahun 2017, sebanyak 73% penerima manfaat Program Bantuan Kewirausahaan mengalami peningkatan pendapatan hingga mencapai 103%.

“Alhamdulillah, kenaikan pendapatan rata-rata dari Rp440.000/bulan menjadi Rp891.642/bulan,” ungkap Murni.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hasil pemberdayaan di Desa Berdaya Manggar Dowload disini

Tags :
Konfirmasi Donasi