ANAK ANAK KELAS KREATIF RUMAH BELAJAR JUARA SUKA MAJU PEDULI LINGKUNGAN DAN JIWA BERWIRAUSAHA

BATU BARA, Ahad (20/10) – Ahad pagi yang begitu cerah di Desa Berdaya Suka Maju, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batu Bara seperti biasa anak anak sudah mulai berdatangan di Rumah Belajar Juara Suka Maju pada pukul 9.

Ada 4 kelas yang dibuka di RBJ yang merupakan singkatan dari Rumah Belajar Juara, yakni Kelas Berhitung, Kelas Membaca, Kelas Pengembangan dan Kelas Kreatif. Untuk Kelas Berhitung dilaksanakan pada hari senin sore dibimbing oleh Kak. Aidar, sedangkan Kelas Pengembangan di hari Rabu sore dibimbing oleh Buk. Nilam, Kelas Membaca pada hari Jumat Sore dibimbing Bang. Fauzan dan Kelas Kreatif di hari Ahad yang langsung dibimbing oleh Pak. Fauzi selaku Fasilitator Rumah Zakat di Desa Berdaya Suka Maju.

Di Kelas Kreatif anak anak dituntut untuk bisa berkreatifitas serta berinovasi dengan berbagai hal untuk bisa membuat sesuatu yang berguna. Intinya adalah anak anak bisa menciptakan sesuatu yang bisa digunakan oleh orang lain, baik dari bahan yang sudah ada dijadikan bahan yang berguna, maupun bahan yang tidak berguna menjadi sangat berguna atau bernilai ekonomis.

Ahad ini di kelas kreatif anak anak belajar kembali membuat sabun pencuci piring. Begitu sangat senangnya anak anak terlihat dari kegiatan yang dilaksanakan, dibarengi dengan candaan bang. Fauzi ketika sedang belajar. Untuk permulaan anak anak diperkenalkan dengan bahan bahan untuk membuat sabun pencuci piring ini. Bahan bahannya antara lain ada texaphone, busa, garam, pewangi dan pewarna. Setelah mereka diberitahukan bahan bahannya, dilanjutkan dengan memberi nama produk sabun pencuci piring ini. Nama yang diberikan juga bukan nama produk yang sudah ada, mereka memberi nama produk dengan nama yang mereka buat sendiri.

SUN LOVE itu nama produk yang mereka berikan, dan setelah itu pada hari seninnya setelah kelas berhitung berakhir, mereka mengisi sabun pencuci piring yang sudah jadi kedalam botol yang sudah mereka cari sebelumnya. Dan mereka mengatakan mau menjual nya ke masyarakat dan hasilnya mereka tabung di tabungan Rumah Belajar Juara Suka Maju.

“Memang anak anak di Rumah Belajar Juara dianjurkan untuk menabung dengan kemauan mereka sendiri tanpa ada paksaan, yang mana nanti uangnya digunakan untuk hal mereka kembali, mau diapakan ya terserah mereka” Tutur Bang. Fauzi selaku pendiri Rumah Belajar Juara.

Kedepannya target di kelas kreatif adalah pemanfaatan sampah menjadi nilai ekonomis atau bernilai jual tinggi.

Newsroom

Meli Latifah / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi