BNPB DAN RELAWAN RUMAH ZAKAT PATROLI UDARA MENGGUNAKAN HELIKOPTER, PANTAU TITIK API AREA KALBAR

PONTIANAK. Bersama BNPB dan BPBD Kota Pontianak, Relawan Rumah Zakat Pontianak melakukan patroli udara menggunakan helikopter series bell 407 gx di pangkalan TNI AU. Hari ini pukul 09.40 wib (13/09) 6 orang diberangkatkan dalam aksi ini terdiri dari pilot, copilot di sertai petugas dari BPBD kota 1 orang dan 2 Relawan Rumah Zakat.

Relawan Rumah Zakat dilibatkan untuk melihat langsung area kebakaran lahan dan hutan dari udara. Dari pantauan terlihat beberapa titik api terlihat asap di lahan perkebunan
Punggur dan Ambawang perkiraan hanya titik asap kecil dari kejahuan. Di beberapa daerah seputaran kakap tampak area bekas terbakar cukup luas. Warna kecoklatan dan sebelahnya kebun sawit

“Kurang lebih 1,5 jam kami berada di udara, dari hasil pengamatan hotspot api berkurang dan lahan bisa dikendalikan untuk saat ini katagori aman” ujar Relawan Rumah Zakat, Sunardi, Relawan Rumah Zakat.

Hasil pengamatan ini akan menjadi bahan pertimbangan seberapa mampu team damkar darat atau BPBD darat masuk ke area spot api yang di lihat. Hingga saat inikondisi Pontianak dan sekitarnya sudah tergolong aman, kabut asap sudah berkurang berkat hujan deras yang mengguyur daerah ini.

Sementara itu Rumah Zakat masih menunggu komando dari BPBD kota Pontianak untuk mengambil tindakan selanjutnya.

“Kalo kita 1 komando dengan BPBD Untuk status udara saat ini aman, saat kita masih dalam proses pemantauan” tambah Sunardi.

Newsroom
Asrul / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi