DESA BERDAYA BLIGO, DESA WISATA BINAAN RUMAH ZAKAT

Desa Bligo merupakan salah satu Desa Berdaya Rumah Zakat di wilayah Kab. Magelang, Jawa Tengah. Wimbo, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat bersama Karang Taruna Desa Bligo merintis Bligo menjadi Desa Wisata di Magelang. Hal pertama yang mereka lakukan adalah mengedukasi warga agar dapat menjaga dan memanfaatkan lingkungan sekitar dengan baik. Desa Bligo dilalui oleh dua sungai besar, yaitu Kaliprogo dan Mataram. Yang kemudian salah satunya dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata.

“Sungai Mataram lebih dekat dengan desa, arusnya juga tidak terlalu deras, jadi bisa dimanfaatkan untuk fun tubing,”  kata Sumardi, ketua karang taruna Desa Bligo.

Dengan memanfaatkan sungai sebagai salah satu lokasi wisata, warga sekitar pun akan terbantu dari sisi ekonominya. Meningkatnya perekonomian warga memang menjadi poin penting terwujudnya Desa Wisata Bligo. Jika sungai menjadi salah satu lahan penghasilan warga maka tidak akan ada lagi warga sepanjang sungai yang membuang sampah sembarangan. Ide menjadikan sungai sebagai lokasi wisata fun tubing pun salah satunya dipicu oleh keinginan agar Sungai Mataram tetap bersih dan jernih tanpa sampah.

Daya tarik Desa Bligo bukan hanya terletak pada wisatanya saja namun juga pada hasil perkebunannya yaitu Durian. Durian bisa tumbuh subur dan baik di Desa Bligo, sebab itu dari dulu hingga kini durian Bligo terkenal paling enak di wilayah Magelang, oleh sebab itu petani Durian di berdayakan oleh Rumah Zakat. Adapun pemberdayaan lainnya yang dilakukan oleh Rumah Zakat di Desa Bligo adalah dalam bidang lingkungan dengan mendirikan bank sampah dan juga pemberdayaan para peternak.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai desa Bligo silahkan unduh disini

Tags :
Konfirmasi Donasi