DESA BERDAYA MOJONGSONGO

Desa Berdaya Mojongsongo adalah Desa binaan Rumah Zakat yang terletak di Kecamatan Jebres, Surakarta Jawa Tengah. Pada awalnya warga Mojongsongo tinggal di bantaran Sungai Bengawan, Namun karena sering terkena dampak banjir pada 2010 pemerintah merelokasi warga ke kawasan Mojosongo.

“Awalnya lahan Mojosongo ini tidak ada penghuninya, tapi karena posisinya lebih tinggi daribantaran Bengawan Solo dan dianggap representatif, sehingga pemerintah meminta masyarakat pindah ke sini,” ujar Fasilitator Desa Berdaya Mojosongo, Eko Prasetyono.

Pada mulanya warga merasa kesulitan untuk mengembangkan usahanya barulah setelah Rumah Zakat hadir untuk melakukan pemberdayaan dan pembinaan sesuai degan potensi lokal Mojongsongo, perekonomian di Mojongsongo semakin meningkat.

Salah satu Pemberdayaan di mojongsongo adalah Urban Farming dengan sistem Aquaponik, selain menanam sayuran, dengan sistem aquaponik ini warga juga bisa melakukan budidaya Ikan lele.

“Rumah Zakat bersama Kelompok Swadaya Masyarakat membudidayakan lele dan beragam sayuran seperti kangkung, seledri, cabe rawit, dan sayuran lainnya dengan sistem aquaponik. Hasil panennya bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa,” jelas Eko.

Pemberdayaan UMKM, Pemberdayaan Pendidikan dan juga pendirian Kebun Gizi dilakukan di Desa Berdaya Mojongsongo.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Desa Berdaya Mojongsongo dan potensi lokalnya Sahabat bisa unduh disini

Tags :
Konfirmasi Donasi