GERAKAN SUBUH BERJAMAAH SEMANGATKAN WARGA DESA BERDAYA SUNGAI MIAI DI AWAL HARI

BANJARMASI (20/01) – Fasilitator Desa Berdaya ZIS Indosat melaksanakan Gerakan Subuh Berjamaah (GSB) di Mushola Ar-Rahim Sungai Miai RT. 05. Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kabupaten Banjarmasin. Pada pelaksanaan Gerakan Subuh Berjamaah tersebut masyarakat sangat antusias untuk hadir ke musholla, tidak hanya orang dewasa tapi juga anak-anak.

GSB kali ini diisi oleh Ustadz Taslimurrahman dengan tema Pembebasan Kota Mekah dan makna yang terkandung dalam Surat An-Nasr.

Ustadz Taslimurrahman menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW Menaklukkan Mekkah tanpa pertumpahan darah. Setelah gagal pada percobaan pertama untuk memasuki Mekkah, Nabi Muhammad SAW akhirnya berhasil menaklukkan Kota Suci itu ditahun berikutnya. Sebuah penaklukan tanpa peperangan, tanpa pertumpahan darah. Begitu pula hubungannya dengan Surah An-Nasr yang berarti “pertolongan”, nama surat ini berkaitan dengan topik tersebut yakni bahwa janji pertolongan Allah SWT akan datang dan Islam akan memperoleh kemenangan.

“Betapa ini menunjukkan sikap Rasulullah SAW sebagai manusia paripurna. Bahasa orang sekarang, Rasulullah SAW adalah seorang negarawan karena punya sifat rekonsiliatif. Dengan memberi maaf, tidak mencaci dan tidak menumpahkan darah, ini menunjukkan persatuan antar orang Mekkah dan Madinah lebih penting dari pada kepentingan kelompok” kata Ustadz Taslimurrahman.

Ada yang spesial juga di Gerakan Subuh Berjamaah kali ini, yaitu dihadiri langsung oleh Ibu Lurah. Beliau sangat mendukung dengan adanya program seperti ini di Kelurahan Sungai Miai.

“Saya sangat senang melihat anak-anak muda dari Relawan Inspirasi Desa Berdaya Rumah Zakat, pagi-pagi seperti ini sudah meramaikan Mushola dengan kegiatan yang bermanfaat”. Ujar Ibu Lurah.

Newsroom

Maskur / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi