HADIRKAN KEBUN GIZI YANG KOMPREHENSIF UNTUK DESA BERDAYA

SURABAYA. Salah satu lokasi Desa Berdaya dengan kegiatan kesehatan paling aktif di Surabaya adalah RT 4 RW 4 Kel. Jemurwonosari, Kec. Wonocolo, Surabaya. Pemberdayaan kesehatan di wilayah ini dimulai sejak tahun 2015, dalam lingkup pelestarian lingkungan yaitu kebun gizi. Berbeda dengan kebun gizi pada umumnya Kebun Gizi Kemaruk ini awalnya hanya menanam kemangi dan jeruk, karenanya dinamakan Kemaruk. Seiring berjalannya waktu, barulah sayuran lain ikut ditanam.

Pada awal pembentukannya para anggota kelompok yang berjumlah 12 orang tersebut diajak untuk studi banding ke salah satu kebun hydroponik yang sudah berjalan dengan skala besar di wilayah Surabaya. Hasil dari studi banding tersebut menurut Zirzi sangat membantu proses belajar para anggota serta meningkatkan kepedulian warga. “Warga di daerah ini tadinya kurang peduli akan kebersihan lingkungan. Barulah ketika Rumah Zakat masuk, mulai ada edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan. Sekarang selain aktif mengelola kebun gizi, masyarakat juga sudahmenerapkan PHBS,” ungkap Zirzi.

Menurut Salifudin salah satu pengurus Kebun Gizi Kemaruk, kebun gizi ini dikelola oleh para kepala keluarga dari pembibitan hingga pemeliharaan, sedangkan ibu rumah tangga yang akan mengelola hasil panennya. “Biasanya sebelum berangkat kerja saya selalu menyempatkan diri menyiram dan mengurus tanaman dulu. Nanti jika sudah panen, istri saya dan anggota PKK lainnya yang akan mengelola,” tutur laki-laki yang sehari-hari berprofesi sebagai driver gojek tersebut.

Hasil kebun gizi dari kelompok Kemaruk tidak hanya dikonsumsi para anggota dan warga sekitar, tapi juga dijual dan meghasilkan uang tambahan bagi kelompok. Menurut Salifudin, tanaman sayuran yang bisa dijadikan lalapan dijual kepada penjual pecel lele dan ayam goreng pinggir jalan. Sedangkan jeruk diolah oleh anggota PKK menjadi minuman segar yang kemudian dikemas dan dijual.

Kini wilayah Jemurwonosari, Wonocolo bukan hanya terlihat lebih hijau, asri, dan bersih dari sebelumnya, tapi juga bisa meningkatkan perekonomian warga melalui hasil olahan kebun gizi. Selain itu, beberapakali wilayah ini mengikuti lomba lingkungan dan keluar menjadi pemenang tingkat Kota Surabaya.

Newsroom

Rizal / Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi