KEBUN GIZI UNTUK KETAHANAN PANGAN WARGA MOJOSONGO

SOLO. Rabu (03/01/2017) Program Kebun Gizi di wilayah Kecamatan Jebres diawali dari Dusun Ngemplak Sutan, Kel. Mojosongo, Jebres, Solo pada tahun 2013.

“Mulanya hanya program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kemudian kami melihat ada peluang lain untuk wilayah ini. Mulailah kami buat kebun gizi,” tutur Anto, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat bidang kesehatan untuk Mojosongo.

Awalnya, program Kebun Gizi beranggotakan para kepala keluarga, dan saat ini anggotnya telah mencapai 50 orang. Namun, pada tahun 2016 dibentuklah kelompok wanita tani yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga. Menurut Anto hal ini sebagai salah satu upaya memberdayakan peran ibu rumah tangga dalam membangun desa tempat tinggalnya.

Kelompok tani yang beranggotakan 10 orang ibu rumah tangga tersebut, kini sudah mulai membuahkan hasil. Berbagai macam sayuran mulai dari sawi, terong, paria, cabe, kembang
kol, sawi putih, hingga kubis sudah mulai dipanen dan hasilnya pun bisa menghemat uang belanja mereka.

Setelah empat tahun didampingi, wilayah Ngemplak Sutan telah menjelma menjadi Kampung Sayuran Organik yang mampu memandirikan masyarakat serta mencukupi kebutuhan sayuran warganya.

“Alhamdulillah karena program Kebun Gizi ini, dusun kami beberapa kali dikunjungi oleh pemerintah baik daerah maupun nasional. Bahkan, pemerintah kota juga turut memberikan berbagai peluang kolaborasi baik melalui Kantor Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian Kota, maupun Dinas Kesehatan,” pungkas Anto.

Newsroom/Kuna
Solo

 

 

Tags :
Konfirmasi Donasi