KEBUN KREATIF DESA BERDAYA KELURAHAN TARONGKO SEMAKIN BERDAYA

TANA TORAJA, Kamis (21/11) – Salah satu warga binaan Rumah Zakat di Desa Berdaya Kelurahan Tarongko, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja bernama Ibu Lina Marlina adalah anggota majelis taklim Alhidayah Tarongko yang aktif. Kehidupan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga dengan pekerjaan sambilan sebagai stok jajanan di kantin sekolah, salah satunya adalah gado-gado.

Salah satu bahan pokok membuat gado-gado adalah sayuran. Hal inilah yang membuat ibu Lina Marlina dan suami berinisiatif menanam sayuran sendiri di halaman rumah. Dengan ide kreatif menggunakan wadah barang bekas : botol plastik, bungkus semen, wadah plastik, dll. Ada beberapa macam sayuran yang ditanam secara organik, seperti : kangkung, bawang, cabe.

“Wadah yang ada diberikan tanah yang dicampur pupuk kompos dan pupuk kandang. Selanjutnya ditanami benih. Jangan lupa berikan pagar agar aman dari hewan”, kata ibu Lina Marlina menjelaskan cara menanam sayuran organik.

Hari Kamis ini (21/11), tanaman kangkung siap di panen dan masuk pasar.

“Hal ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua. Dengan memanfaatkan barang bekas yang dijadikan sampah bisa menjadi lahan untuk bertani sayuran yang sehat di halaman rumah.” Ujar Fasilitator Desa Berdaya Tarongko.

Newsroom 

Usman Dsau / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi