[:ID]MELALUI CAPACITY BUILDING, RUMAH ZAKAT AJAK WARGA BIJAK KELOLA SAMPAH[:]

[:ID]

Kegiatan Capacity Building Relawan Rumah Zakat bersama warga Desa Cepiring. (Foto: Rumah Zakat)

KENDAL, Rumah Zakat – Salah satu program Capacity Building Rumah Zakat Desa Berdaya Cepiring adalah menggelar sosialisasi cara pembuatan bioaktivator untuk mengurai sampah keluarga. Kegiatan itu dilaksanakan pada saat perkumpulan PKK di RT 7 RW 1 Desa Cepiring Kecamatan Cepiring Kabupaten Kendal pada hari Sabtu 07 Maret 2020.

Budaya masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan sehingga menimbulkan permasalahan lingkungan.

(Foto: Rumah Zakat)

Relawan Rumah Zakat Desa Berdaya, Anggoro Budi Arysanti menuturkan saat ini masih banyak masyarakat yang belum bisa mengelola sampah.

“Sosialisasi ini dilatarbelakangi dari masih adanya masyarakat yang belum bijak mengelola sampah. Sebagian besar dibakar, bahkan ada yang dibuang ke sungai. Selain itu, dengan adanya pembuatan bioaktivator ini, sampah rumah tangga yang bersifat organik akan menjadi bernilai dan bermanfaat untuk lingkungan,” tutur Santi panggilan akrab Relawan Rumah Zakat itu.

Tidak hanya menjelaskan tentang cara pembuatan bioaktivator, Santi  juga menjelaskan bahwa ke depannya tim Rumah Zakat akan menjadikan limbah rumah tangga dari warga akan dikelola sehingga bernilai ekonomi dan bermanfaat.

Terkait program tersebut, kelompok PKK RT 07 RW 01 menyambut dengan luar biasa.

“Saya bersedia menjadikan rumah saya sebagai sentra percontohan pembuatan bioaktivator untuk mengelola sampah rumah tangga,” ujar Arin, ketua PKK RT 07 RW 01 Desa Cepiring.

Newsroom

Dwi Pujianto/Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia