[:ID]MELALUI GEROBAK BACA, RUMAH ZAKAT TINGKATKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT[:]

[:ID]

Gerobak Rumah Baca Rumah Zakat, berikan literasi pendidikan kepada masyarakat. (Foto: Rumah Zakat)

PROBOLINGGO, Rumah Zakat – Gerobak Baca Sang Juara, salah satu layanan unggulan Perpustakaan Desa (PusDes) Sang Juara binaan Rumah Zakat kembali hadir menebarkan semangat literasi di kegiatan posyandu Dusun Manteng Desa Berdaya Kedungrejoso Kabupaten Probolinggo.

Kamis 05 Maret 2020, Kedatangan Gerobak Baca disambut antusias oleh adik-adik balita peserta posyandu besereta ibu-ibunya. Selain itu, kader posyandu juga menyambut dengan senang keberadaaan Gerobak Baca ini.

“Adanya gerobak baca di posyandu sangat membantu meningkatkan partisipasi kehadiran peserta posyandu. Anak-anak juga tidak takut lagi hadir ke posyandu” kata Sukartiya, salah satu kader posyandu Manteng.

Selain menyediakan buku bacaa, Gerobak Baca juga menyediakan peralatan mewarnai seperti kertas gambar dan krayon. Sebelum itu, Subhan mengarahkan anak-anak untuk ditimbang dan diukur tinggi badan.

“Timbang dan ukur tinggi badan dulu ya baru kesini untuk mewarnai,” ucap Subhan.

Belajar mewarnai bagi balita sangat baik dalam menumbuhkan daya rangsang dan berfikir otak dan ini juga merupakan bagian dari hakikat literasi itu sendiri. Karena itulah, penyediaan buku juga berperan untuk mengenalkan dan menumbuhkan kecintaan terhadap buku bacaan.

Adanya Gerobak Baca ini juga merupakan langkah pendekatan secara langsung kepada masyarakat dan menjadikan perpustakaan ini sebagai pusat literasi di dalam lingkungan masyarakat.

Harapannya, dengan adanya perpustakaan desa ini literasi masyarakat bisa berkembang sehingga bisa meningkatkan SDM Indonesia yang unggul.

Newsroom

Fuad Saifullah/Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia