MENGGALI POTENSI UNTUK MEMAJUKAN DESA

KAB. LUMAJANG, Senin (30/09) – Fasilitator Desa Berdaya menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertempat di rumah Ibu Khomsiyah Dusun Pondokrejo RT 9 RW 4, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

FGD tersebut mengundang 6 tokoh masyarakat, yaitu Takmir Masjid Annur, ketua Forum Muslimah, Kaur Keuangan Desa, Tokoh Pemuda , Tokoh masyarakat dan Tokoh Pemberdayaan Perempuan.

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) diawali dengan pemaparan Program – program Rumah Zakat serta pemaparan Program Desa Berdaya.

FGD tersebut mencangkup Needs Assesment, Peta Desa, Diagram Veen Hubungan Kelembagaan, Kajian mata pencaharian. Kegiatan yang diadakan oleh Fasilitator Desa Berdaya ini bertujuan untuk menjalin silaturahim antara Fasilitator Desa Berdaya. “Selain menjalin silaturohim, FGD ini juga bertujuan untuk menggali potensi desa serta mencari berbagai persoalan yang ada di desa,” ungkap Udik Lasmono, Fasilitator Desa Berdaya.

FGD ini menghasilkan 4 prioritas masalah yaitu Pertama perlunya bantuan modal usaha, perlunya pelatihan usaha kepada ibu rumah tangga, perlunya pendidikan akhlaq kepada pemuda, serta perlunya peningkatan produktifitas pertanian.

“Hasil dari FGD ini akan dijadikan pedoman untuk menggali potensi desa, untuk melaksanakan Program Desa Berdaya.” Ungkap Udik Lasmono.

“Semoga dengan adanya Program Desa Berdaya Rumah Zakat menjadi solusi bagi permasalahan desa, sehingga Desa Kedungrejo menjadi desa yang maju di masa datang.” ungkap Bapak Amru Ikhwan selaku Ketua Urusan Kesejahteraan desa.

Newsroom

Fuad Saifullah / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi