PANEN KEBUN JUARA SMP JUARA PEKANBARU, SISWA ANTUSISAS

PEKANBARU. PANEN KEBUN JUARA SMP JUARA PEKANBARU, SISWA ANTUSISASKecintaan tehadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini, begitu pun di sekolah. Para murid harus memiliki kesadaran untuk mencintai lingkungannya, diantaranya dengan menanam tumbuh-tumbuhan, sayuran, dan tumbuhan-tumbuhan lainnya yang kaya manfaat.

Seperti halnya yang dilakukan pada hari Senin ini (21/03) menyenangkan sekali melihat senyum beberapa siswa yang ditemani household SMP Juara Pekanbaru ketika memetik hasil Kebun Juara, terlihat rona bahagia di wajah-wajah mereka. Tanaman-tanaman tersebut merupakan hasil panen dari tumbuhan yang mereka tanam sebelumnya.

Dibantu dengan siswa-siswi, panen kacang panjang dan mentimun di Kebun Juara berjalan lancar dan sangat menginspirasi bagi mereka yang memetik langsung di kebun karena mereka merasakan manfaat dari hasil yang ditanam.
Sebagian mereka begitu antusias melihat buah dari kebun tersebut tumbuh dengan baik dan subur. Sambil memanen mereka terus berbincang-bincang dan ingin memiliki kebun seperti ini di rumahnya nanti.

“Pak, ana pengen sekali punya kebun seperti ini dirumah!,” ungkap Sefia, siswa kelas VII Madinah. Kawan yang lainnya pun berujar demikian, sehingga tidak terasa waktu panen telah selesai. Mereka sangat menikmati panen kebun juara ini. Setelah selesai panen kami pun meluangkan waktu untuk berfoto di kebun.

Memang tumbuhan dalam Kebun Juara berganti sesuai dengan masa panennya masing-masing. Saat ini masih diisi oleh berbagai jenis sayuran dan akan ditambah dengan tanaman obat-obatan atau tanaman herbal begitu seterusnya.
Dan hasil dari Kebun Juara saat ini masih untuk kebutuhan belajar, dibagikan ke guru-guru dan masyarakat terdekat.

Kedepannya jika dalam jumlah yang besar bukan tidak mungkin kita jual ke pasar-pasar terdekat.
“Ini merupakan awal dari pembentukan jiwa entrepreneur kepada siswa yang dilakukan oleh SMP Juara Pekanbaru, dengan demikian selera mereka akan berkebun muncul dengan sendirinya dan mereka juga bisa memanfaatkan hasilnya sebagai tambahan untuk kebutuhan sehari2,” papar Pak Syahrul Padilah, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru.

“Dengan adanya program GREEN SCHOOL PROJECT yang kami rintis sejak Januari 2016, menjadikan ini sebagai wadah siswa dalam bagaimana cara memanfaatkan lahan yang menghasilkan serta membuat lingkungan yang hijau dan bersih. Disisi lain, ini adalah bukti kami ingin meraih sekolah Adiwiyata kedepannya. Insyaalah!,” sambungnya.
Adapun program GREEN SCHOOL PROJECT tersebut digagas langsung oleh Pak Syahrul Padilah, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Juara Pekanbaru.***

Newsroom/Yan
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi