PERPUSDES SANG JUARA ADAKAN FGD BERSAMA MAHASISWA KKN DARI UNUJA

PROBOLINGGO, Jum’at (04/10) – Perpusdes Sang Juara binaan Rumah Zakat Desa Berdaya Kedungrejoso, Kec. Kotaanyar, Kab. Probolinggo mengadakan Focus Grup Discussion (FGD) dengan tema “Meningkatkan Peranan Perpusdes Sang Juara sebagai pusat informasi, tempat belajar dan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.”

Dimulai pukul 13.30 WIB, FGD ini dibuka langsung oleh Bapak H. Abdurrahim, S.Pd, Kepala Desa Kedungrejoso yang diikuti oleh seluruh Pengurus Perpusdes Sang Juara dan Mahasiswa KKN dari Universitas Nurul Jadid (UNUJA) yang sejak 1 bulan terakhir melaksanakan kegiatan KKN di Perpusdes kebanggaan masyarakat Desa Kedungrejoso ini.

“Silahkan rumuskan hal apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan peran Perpusdes ini kedepan. Pemerintah desa siap mendukung program Perpusdes ini. Tahun 2020 kita jadikan program prioritas dalam anggaran dana desa” kata Pak Kades yang disambut tepuk tangan meriah peserta FGD.

Peserta FGD dibagi dalam 4 kelompok yang terdiri dari 3 pengurus Perpusdes dan 3 peserta KKN dengan membahas tema yang berbeda.

Grup 1 dengan tema Administrasi & Penguatan Pengurus, grup 2 bertemakan Sarana & prasarana, grup 3 dengan tema Ragam Kegiatan, serta terakhir grup 4 dengan tema peningkatan layanan Perpusdes.

Dengan dipandu oleh 1 orang moderator di masing-masing grup, beragam usulan dan ide-ide bermunculan dari tiap peserta di masing-masing grup. Tak jarang perdebatan khas mahasiswa muncul dalam kegiatan FGD ini. Setelah sekitar 1 jam berjalan, selanjutnya masing-masing grup memaparkan hasilnya yang ditanggapi oleh peserta dari grup lainnya.

“Luar biasa sekali ide-ide segar yang dihasilkan dari kegiatan FGD ini, memberikan suntikan pemikiran bagi kami untuk lebih meningkatkan peranan perpusdes kedepan menjadi lebih  baik lagi,” ungkap Syarif, Kepala Perpusdes Sang Juara  menutup acara.

Newsroom

Tine Susilawati / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi