PKH MAJALENGKA SINERGIS BERSAMA SUPERQURBAN MELAWAN KEMISKINAN

MAJALENGKA, Jum’at (08/11) – Yayasan Generasi Muda Cendekia melalui Program Keluarga Harapan (PKH) memberikan 450 paket Superqurban kepada 328 penerima manfaat dari tiga titik penyaluran yaitu Desa Sumber Kulon Majalengka, Desa Babajurang Majalengka, Kelurahan Cisaranten Kidul Bandung. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM) sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Sejak tahun 2007, pemerintah telah melaksanakan PKH. Program Perlindungan Sosial yang juga dikenal di dunia Internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT) ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan yang dihadapi terutama masalah kemiskinan kronis.

Sasaran PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang memiliki komponen kesehatan dengan kriteria ibu hamil/menyusui, anak berusia nol samapai dengan enam tahun (Balita), Anak Sekolah (SD/SMP/SMA), Lansia (di atas 60 tahun), dan penyandang disabilitas.

Karena kondisi sangat memprihatinkan, Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat berinisiatif untuk menyalurkan bantuan berupa Kornet Superqurban dari Rumah Zakat dan Minyak Goreng Cup, adapun sasaran Fasilitator adalah warga yang sudah terverifikasi BPS dan Kementerian Sosial sebagai warga miskin atau dalam agama Islam termasuk kedalam 8 ashnaf yaitu faqir miskin.

Kegiatan ini lakukan bersamaan dengan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) yang setiap bulan di selenggarakan pendamping PKH di setiap warga wilayah dampingannya. Kemudian Fasilitator memilih wilayah Desa Sumber Kulon yang mayoritas keluarga nya berprofesi sebagai buruh tani dan desa babajurang yang mana sebagian besar warga nya berprofesi sebagai peternak domba sebagai target kegiatan sosial penyaluran kornet dimana kegiatannya sendiri di dampingi Bapak Apip Haerudin selaku Fasilitator Desa Berdaya, Desa Babajurang.

“Alhamdulillah sangat bersyukur sekali karena kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan berkeluarga kali ini mendapatkan juga paket kornet superqurban dari Rumah Zakat, Terima Kasih Rumah Zakat” Ujar salah satu warga penerima manfaat.

Newsroom

Abdussalam / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi