[:ID]POSYANDU TERNAK DESA BERDAYA TANGGUNGAN KEMBALI DEMI EKONOMI BERDAYA[:]

[:ID]

BOJONEGORO (20/01) – Tim Fasilitator Desa Berdaya keliling nyambangi kendang kandang anggota kelompok Ternak Lembu Tanggungan Desa Berdaya Tanggungan, Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro.

Di desa Tanggungan jadi ada 4 posyandu yaitu lansia, remaja, balita dan ternak. Fasilitator cek kesehatan masing masing lembu dan timbang layaknya posyandu.

Posyandu ternak ini mempunyai banyak manfaat bagi para peternak, mereka jadi tau perkembangan bobot hewan ternak mereka. Dan ini sangat mempengaruhi harga yang akan di tawarkan ke pasar. Peternak biasanya tidak bisa membuat harga karena ketidak tahuan mereka sehingga dibuat kalah kalahan sama belantik.

Dengan informasi bobot dan kesehatan hewan ternaknya, peternak dengan sendirinya bisa membuat harga. Peternak juga jadi tahu hewan ternaknya masih bisa dipertahankan untuk dirawat atau tidak, dengan melihat bobot dan perkembangannya, masih bisa berkembang atau sudah dibatasnya.

Setiap 3 bulan sekali para lembu di timbang Fasilitator, kalau bobotnya tetap, Fasilitator rekomendasikan ke anak kandang untuk segera menjual hewan, karena dia sudah tidak bisa berkembang lagi dengan syarat selama 3 bulan makannya sudah terjamin gizi nya.

Newsroom

Fuad Saifullah / Hanaa Afifah[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia