RELAWAN BERPRESTASI DARI MEDAN

IMG_7785Nama lengkapnya Muhamad Hamzah Solim. Ia adalah mahasiswa Universitas Medan yang juga menjadi koordinator relawan RZ wilayah Medan. Sudah sejak tahun pertama kuliah Hamzah tercatat sebagai relawan RZ dan aktif dengan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan di Medan.

“Saya tertarik menjadi relawan karena ingin mengembangkan potensi diri, berpetualang membantu umat, dan memberi kontribusi terbaik yang saya miliki,” ujar Hamzah saat ditanya alasan mengapa ia bergabung menjadi relawan RZ

Relawan RZ sendiri terbentuk sejak tahun 1998  dan bertujuan untuk melakukan  berbagai aksi cepat tanggap bila ada bencana selain juga mengadakan berbagai aksi sosial di lingkungan masyarakat. Hamzah bercerita bahwa pada awalnya masyarakat di sekitar rumahnya sempat berpikiran negatif saat ia dan teman-teman relawan membuat Taman Kreasi Warga menggunakan botol bekas air mineral yang di cat dan kemudian digunakan sebagai pot bunga yang ditempel vertikal di dinding-dinding rumah. Akan tetapi setelah melihat hasilnya, mereka mengapresiasi usaha para relawan untuk memanfaatkan sampah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

Menjadi relawan adalah berarti merelakan waktunya 24 jam demi pengabdian kepada masyarakat tanpa kompensasi materi atau bahkan terkadang harus merogoh kantong sendiri. Namun kegiatan tersebut dinikmati Hamzah, sehingga sama sekali tidak mengganggu prestasinya di kampus. Mahasiswa 21 tahun yang disibukkan dengan segala aksi sosialnya ini masih bisa mengukir prestasi yang cemerlang. Ia adalah peraih Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Nutrition expo di FKM Universitas Indonesia tahun 2012 dan juga finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Agrotech’s fair di FP Universitas Negeri Surakarta tahun 2013. Selain itu Hamzah juga berusaha lebih mandiri sebagai pengajar privat.

“Bergabung menjadi relawan RZ adalah hal yang menyenangkan buat saya. Banyak pengalaman yang didapatkan dan tentunya bisa menolong sesama. Dunia yang amat berbeda dengan status saya sebagai mahasiswa. Karena program-program dari RZ lebih fokus ke masyarakat/sosial sehingga kita tahu kondisi yang dialami masyarakat secara langsung. Insya Allah, rencana Relawan RZ kedepan akan membuat Toko Online. Itu rencana yang sangat positif dan akan membangkitkan semangat para relawan se-Indonesia untuk saling berbagi dalam berdagang. Selain itu Relawan RZ sekarang telah menjadi Member of RZ dibidang “lingkungan” jadi setiap relawan di cabang harus siaga terhadap lingkungannya sendiri, baik itu untuk bencana ataupun perbaikan/pelestarian lingkungan masyarakat sekitar,” pungkas Hamzah yang mengidolakan sosok Rasulullah serta Khalid Bin Walid ini.

 

Newsroom/Titin Latifah

Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi