RUMAH ZAKAT DAN KITABISA.COM BANTU BAYI ARIEF

0804 RUMAH ZAKAT DAN KITABISA.COM BANTU BAYI ARIEFUsianya baru menginjak 2 bulan dan selama itu pula M Zaenal Arief belum pernah merasakan pulang ke rumahnya. Karena Zaen, begitu ia dipanggil, memiliki kelainan pada jantungnya. Sang ibu melahirkan secara caesar karena pecah ketuban lebih dulu, namun karena penanganan dari pihak rumah sakit lambat sehingga tubuh Zaen keracunan.

Akhirnya ia dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar dan langsung dibawa ke ruang NICU untuk perawatan lebih lanjut. Setelah cairannya sudah dibersihkan ternyata diketahui bahwa Zaen juga mengalami kelainan jantung, fungsi jantung untuk membawa oksigen ke paru-paru tidak optimal sehingga perlu dioperasi. Zaenal kemudian dirujuk kembali ke RSHS dan membuat kartu BPJS untuk ditindak lebih lanjut, kemudian dari RSHS dirujuk kembali ke RSCM bagian bedah jantung anak untuk dioperasi.

Operasi pertama dilakukan untuk memasukan selang ke dalam jantung bayi Arief agar tetap terbuka dan oksigen sampai ke paru-paru. Paska operasi pertama diketahui bahwa Arief ternyata memiliki usus terbalik, sehingga Arief dioperasi kedua kalinya untuk diambil usus buntunya dan membenarkan posisi usus. Kondisi ginjal Arief juga tidak berfungsi sempurna, sehingga adanya efek dari operasi jantung yang kedua Arief mengalami pembengkakan akibat banyaknya cairan di tubuhnya dan ginjal tidak dapat menyaring dengan optimal.

Pada saat pemantauan paska operasi kedua, ternyata ada tulang rusuk yang belum tertutup rapat sehingga dilakukan operasi ke 3 untuk menempelkan kembali tulang rusuk Arief pada Hari Rabu (05/04) kemarin. Sesaat sebelum operasi orang tuanya diminta untuk masuk ke ruang NICU untuk mendoakan anaknya. Isak tangis tak kuasa ditahan oleh kedua orang tuanya tatkala melihat bayi mungilnya terbaring dengan terpasang banyak selang, apalagi sempat terlihat mata Arief sempat terbuka pada saat didoakan oleh kedua orang tuanya. Operasi dilaksanakan dari pukul 11:30 hingga pukul 16:00 WIB dan alhamdulillah operasi berjalan dengan lancar. Arief anak yang kuat, dengan usia sekecil itu ia mampu bertahan di tengah kondisi tubuhnya yang seperti itu, ucap orang tuanya.

Kedua orang tuanya tinggal dikontrakan dekat RSCM dengan biaya kontrakan Rp 1.600.000,- per bulannya dengan kondisi yang seadanya. Biaya hidup yang tinggi menyebabkan orang tuanya menjual motor dan barang-barang lainnya serta meminjam uang dari kerabat-kerabatnya. Saat ini ayahnya terpaksa tidak berjualan di counternya karena terus mendampingi anaknya. Alhamdulillah penyaluran bantuan dilakukan pada Hari Rabu (05/04) dikontrakan kedua orang tuanya dibelakang RSCM. Pada saat menyalurkan bantuan, orang tuanya tak kuasa menahan tangis dengan adanya bantuan dari para sahabat Rumah Zakat melalui Kitabisa.com ini.

“Saya tidak bisa berkata-kata kecuali mengucapkan Alhamdulillah, terima kasih banyak untuk semuanya, untuk para donatur, untuk karyawan Rumah Zakat, yang sudah mau membantu kami. Bagi kami tidak pernah terpikirkan sebelumnya akan menerima bantuan sebesar ini, karena bagi kami bantuan ini sangatlah berarti. Ikhtiar dan doa akan terus kami lakukan untuk memberikan yang terbaik buat Arief. Semoga para donatur dan Rumah Zakat senantiasa Allah beri kesehatan, kemudahan dan kelancaran urusan.”, ucapnya penuh haru.

Bantuan yang diberikan untuk kebutuhan biaya hidup karena biaya kesehatan sudah dicover BPJS walaupun hingga saat ini belum mengetahui limit dana BPJS tersebut seberapa besar per tahunnya sehingga masih perlu dipantau untuk kebutuhan ke depannya.

Newsroom/Yadi Mulyadi

Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi