[:ID]RUMAH ZAKAT INISIASI PROGRAM SEDEKAH SAMPAH[:]

[:ID]

Ikuti program Sedekah Sampah Rumah Zakat, Warga Desa datang ke posyandu dengan membawa sampah untuk disedekahkan. (Foto: Rumah Zakat)

BREBES, Rumah Zakat – Sebagai solusi dalam pengelolaan sampah melalui pendekatan kesehatan Rumah Zakat  menginisiasi program Sedekah Sampah yang dilaksanakan di posyandu Desa Kubangsari. Nantinya, hasil dari penjualan sampah digunakan untuk membantu operasional posyandu.

Program Sedekah Sampah dilaksankan pada Rabu 11 Maret 2020, bertempat di posyandu pos 1 RW 01 Desa Kubangsari Kecamatan Ketanggungan, Brebes.

Prosedur program ini cukuplah mudah, ibu balita yang hadir diminta untuk menyedekahkan sampah plastik saat berkunjung ke posyandu.

(Foto: Rumah Zakat)

Pada program kali ini, sampah yang terkumpul sebanyak 13 kg. Hasil tersebut merupakan pencapaian yang bagus mengingat semakin hari masyarakat yang sedekah sampah ke posyandu semakin banyak.

Wasri (35) mengungkapkan bahwa sedekah sampah sudah menjadi hal rutin bagi dirinya ketika hadir ke posyandu.

“Alhamdulillah setiap ada sampah plastik di rumah, teringat sedekah sampah yang diadakan oleh Rumah Zakat di posyandu,” ungkapnya.

Menurut Neni fasilitator Desa Berdaya Kubangsari Rumah Zakat mengatakan, rencananya sampah yang terkumpul tidak hanya dijual ke pengepul. Sampah-sampah botol plastik yang masih bisa didaur ulang akan dipilah dan dijadikan kerajinan kursi Ecobrick.

“Selain menumbuhkan kreativitas kader posyandu, pemanfaatan sampah ini juga bisa menghasilkan barang yang bernilai ekonomis” katanya.

Newsroom

Neni Nuraeni/Amri Rusdiana[:]

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia