RUMAH ZAKAT SUPPORT POSYANDU BALITA MOJOPILANG

MOJOKERTO, Selasa (12/11) – Seringkali ketika mengunjungi Posyandu, ibu kader mengeluh bahwa tidak semua balita yang dicakup Posyandu tersebut datang. Alasannya ada ibu balita yang bekerja, jarak Posyandu terlalu jauh dari rumah, atau terkadang lupa kalau sudah tiba tanggal Posyandu.

Hal ini terkadang menyusahkan para kader, karena setelah itu harus menyerahkan data ke Puskesmas, sementara data balita tidak lengkap. Mungkin tidak masalah kalau itu data balita yang sehat. Kalau data yang tidak lengkap adalah data balita yang berat badannya turun, atau terindikasi mengalami kurang gizi, bahkan gizi buruk, maka ini akan menyulitkan.

Pada dasarnya, Posyandu itu sendiri ada karena memiliki banyak manfaat untuk masyarakat. Masyarakat jadi mudah untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, dan anak balita; bayi dan balita mudah untuk mendapatkan imunisasi maupun kapsul vitamin A; dan yang paling penting, pertumbuhan anak terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi buruk.

Balita yang mengalami gizi kurang dan gizi buruk banyak yang masih belum tercatat oleh tenaga kesehatan. Alasannya bukan karena kader tidak teliti, tapi karena ibu-ibu/orang tua balita itu sendiri yang tidak rajin datang ke Posyandu.

Padahal datang ke Posyandu itu simpel: datang, mendaftar, balita ditimbang, dicatat, diberi penyuluhan, lalu diberi pelayanan kesehatan, biasanya diberikan Makanan Tambahan (PMT). Kalau balita mengalami masalah gizi, maka kader akan menindaklanjuti.

Kali ini Rumah Zakat, Ibu Kader Posyandu,Kepala Dusun dan 30 balita melaksanakan aktifitas yaitu Posyandu balita di Balai Dusun Gebangsari Desa Mojopilang, Kec. Kemlagi, Kab. Mojokerto.

Pukul 09.30 Wib sampai 10.30 Wib Rumah Zakat membersamai program posyandu dengan memberikan PMT, Penimbangan dan Pengukuran Berat Badan.

Setelah diperiksa BB balita makin meningkat hal ini dikarenakan ibu balita aktif dalam mengikuti program di Desa Meposyandu dan mempraktekan apa yang disampaikan oleh bidan desa dan Relawan Inspirasi Rumah Zakat Mojopilang,” kata Ibu Aminah selaku Kader Posyandu Balita.

Newsroom

Fuad Saifullahu / Hanaa Afifah

Tags :
Konfirmasi Donasi