RZ SALURKAN 810 KG BERAS UNTUK KORBAN BANJIR PEKANBARU

RZ SALURKAN 810 KG BERAS UNTUK KORBAN BANJIR PEKANBARUPEKANBARU. Relawan RZ (Rumah Zakat) cabang Pekanbaru menyalurkan bantuan 810 kg beras untuk warga Desa Lubuk Bigou di Kampar Kiri Hulu. Penyaluran dilakukan untuk membantu para korban yang terkena dampak banjir dan longsor di daerah tersebut.

Desa Lubuk Bigou merupakan desa paling jauh dari 4 desa yang terisolir dari keramaian akibat jalan terputus karena longsor dan banjir yang melanda. Satu-satunya jalan yang bisa digunakan untuk mencapai lokasi tersebut, yakni melewati Sumatra Barat.

“Perjalanan dimulai dengan melintasi Tanjung Pati Sari Lamak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Jalannya memang tidak semulus yang dikira, beberapa titik jalan ada yang sudah amblas setengah dan ada juga beberapa titik jalan kecil serta berjurang.

Sesampainya di desa Lorong Buluh Kasok, karena jalannya sempit, licin dan berbatu dengan kemiringan 75 derajat serta tidak bisa dilewati mobil, semua bantuan harus diturunkan dan diangkut dengan menggunakan ojek atau motor trail untuk dibawa ke lokasi tujuan,” papar Fajri Sabti, Koordinator Relawan RZ Pekanbaru, Senin (18/1).

Penyaluran bantuan diberikan langsung oleh Arika, Ketua Pemuda di keempat desa yang terkena dampak. Sebelum mendapat bantuan, para warga harus merogoh kocek sebesar Rp 30.000 untuk mendapatkan 1 kg beras, sementara harga jual karet yang menjadi sumber penghasilan warga hanya dihargai Rp 3000 perkilonya, artinya dibutuhkan 10 kg karet untuk membeli 1 kg beras.

Rencananya Relawan RZ dan masyarakat akan bergotong royong untuk memperbaiki jalan yang rusak ini jika kondisinya sudah kondusif. “Ayo sama-sama kita bereskan. Melihat potensi alamnya yang luar biasa, sayang jika desa ini malah jadi tidak produktif karena bencana,” ujar Fajri.***

Newsroom/Surianto
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi