TEMPEKU ENAK DAN BERGIZI

Kelas membuat tempeSURABAYA. Siswa SD Juara Surabaya kelas I, II, dan III menggelar kegiatan entrepreneur membuat tempe Rabu (16/4). Acara ini digelar di kelas II dan III dengan masing-masing kelas di dampingi oleh wali kelas I, II, dan III yaitu: Yuswa, Muchtar, dan Aro.

Sebelum membuat tempe, para siswa mendapatkan penjelasan tentang sejarah tempe dan cara membuat tempe yang benar dari wali kelas I Yuswa. Dengan wajah yang sangat antusias mereka menyimak penjelasan dari pemateri. Dengan sabar pemateri menjelaskan kepada para siswa bahwa tempe merupakan makanan khas Indonesia itu ternyata yang membuat pertama kali adalah orang inggris. Anak-anak pun sangat terkejut dan tidak menyangka kalau tempe yang hampir setiap hari mereka makan itu pembuat pertamanya adalah orang inggris. Setelah itu dijelaskan tentang bahan-bahan dan cara membuat tempe.

Setelah penjelasan berakhir, anak-anak bersiap-siap untuk membuat tempe. Kedelai yang sudah direbus mereka kupas kulitnya. Setelah itu mereka mencucinya dengan air sampai bersih dan ditiriskan hingga airnya kering. Setelah kering, dicampur ragi dan di bungkus dengan plastik. Kedelai itu akan berubah menjadi tempe dalam waktu kurang lebih sehari semalam.

Setelah kegiatan tersebut selesai, anak-anak menjadi tahu ternyata tempe yang sering kita remehkan itu mengandung banyak gizi dan protein. Pembuatannya pun memerlukan waktu yang cukup lama. Proses pembuatannya terdiri dari perebusan kacang kedelai, pengupasan, perendaman, inokulasi menggunakan ragi dan fermentasi.***

Newsroom/Abd Muchtaruddin
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi