TEROBOSAN WARGA SIMOMULYO, LESTARIKAN LINGKUNGAN DENGAN PROGRAM SAMPAH BERHADIAH

RZ LDKO CilegonSURABAYA. Program Sampah Berhadiah ini dilatar belakangi oleh belum banyaknya warga RT. 12 RW. 5 Kelurahan Simomulyo Baru yang bergabung menjadi kader bank sampah. Sejak berdiri 2 tahun yang lalu warga yang sudah bergabung menjadi kader bank sampah sebanyak 72 kader bank sampah, tentu hal ini sangat jauh dari harapan padahal jumlah seluruh kepala keluarga berjumlah kurang lebih 150 kepala keluarga. Untuk itu perlu adanya terobosan maupun rangsangan kepada warga sehingga warga mau untuk menjadi kader bank sampah.

Program Sampah Berhadiah ini diharapkan mampu memotivasi warga untuk lebih peduli terhadap lingkungannya dengan menjadi kader bank sampah. Program ini dijalankan dengan memberikan hadiah kepada kader bank sampah atau calon kader bank sampah dengan kriteria pengumpul sampah terbanyak, pilah sampah yang dilakukan sejak dari rumah dan kader/calon kader bank sampah yang aktif dalam kegiatan bank sampah.

Hadiah yang diberikanpun juga bukan hadiah yang mahal, akan tetapi cukup dengan tempat tisu, mangkok, piring, gelas palstik, panci kecil, sabun mandi, gula 1 kg, minyak goreng dan kebutuhan rumah tangga lainnya yang tidak membutuhkan biaya besar.

Hadiah diberikan pada saat warga dan kader bank sampah berkumpul dalam kegiatan senam bersama yang diadakan setiap pekan ke 4 atau 5 setiap bulannya. Pengumuman sengaja diumumkan pada saat seluruh warga berkumpul sehingga warga yang lain bisa mengetahui langsung bahwa menjadi kader bank sampah itu sangat menguntungkan.

Harapannya dengan adanya program ini maka warga yang belum menjadi kader bank sampah dapat tertarik untuk menjadi kader bank sampah, sehingga semakin banyak kader bank sampah maka akan semakin banyak sampah yang terkumpul dan semakin banyak sampah yang terkumpul maka semakin banyak juga rupiah yang dihasilkan dan itu berarti semakin sejahtera pula kader sampah dan bank sampahnya sendiri mampu menjadi bank sampah mandiri.***

Newsroom/Yosefh Firmansyah
Surabaya

Tags :
Konfirmasi Donasi