KADO CINTA ANAK ASUH UNTUK BUNDA

SIDOARJO. Rumah Zakat Cabang Sidoarjo mengadakan acara peringatan hari ibu di sekitar alun-alun Sidoarjo, Minggu (26/12). Kegiatan ini diisi oleh sekitar 30 anak asuh, mentor, dan relawan Rumah Zakat. Uniknya, pada kegiatan ini bukan bunga atau puisi yang mereka bagikan melainkan perlengkapan rumah tangga. Kado Cinta Untuk Bunda merupakan kegiatan peringatan hari ibu yang dilaksanakan serentak di seluruh cabang Rumah Zakat. Rumah Zakat sendiri memiliki program khusus Ibu di antaranya layanan persalinan gratis dan pendamping gizi untuk balita.

Kegiatan diawali dengan pembinaan rutin yang berlangsung di Masjid Agung Sidoarjo. Takhanya anak asuh, beberapa orang tua juga hadir mendampingi anak asuh. Sehari sebelumnya, para orangtua juga mendapatkan parenting education yang diisi dengan materi learning skill. Usai pembinaan, para mentor mengajak anak asuh untuk berkeliling alun-alun Sidoarjo dan membagi-bagikan kado cinta yang berupa sendok nasi dan sendok makan. Kado tersebut diberikan kepada para Ibu yang kebetulan mengunjungi alun-alun pagi itu. Taksedikit pengunjung yang menolak karena dikira menjajakan dagangan. Namun, setelah dijelaskan bahwa hadiah cantik tersebut merupakan kado dari Rumah Zakat dan diberikan cuma-cuma, barulah mereka menerima.

“Aksi pagi ini merupakan edukasi untuk anak asuh untuk menghargai kaum Ibu dengan memberikan kado. Kado yang diberikan pun tak jauh dengan peran Ibu dalam keluarga,” ujar Yuswaningsih, Nonformal Education Officer Rumah Zakat Cabang Sidoarjo. “Rumah Zakat sengaja memberikan kado berupa perlengkapan rumah tangga yang sangat dekat dengan peran Ibu agar lebih bermanfaat. Hal ini dilakukan untuk mengingatkan bahwa peran Ibu bukan hanya memasak tapi juga sangat bertanggung jawab akan gizi dan kesehatan keluarga,” tambah Yuswaningsih.

Usai berkeliling alun-alun, para mentor juga membentangkan spanduk dan membagikan kado cinta untuk para pengendara yang lewat. Beberapa pengendara lain juga berminat, saat lampu lalulintas sudah menunjukkan warna merah. Nitip untuk Ibu di rumah ya pak, pesan relawan untuk pengendara. Nanda, salah satu anak asuh yang ikut bergabung tampak bersemangat membantu membagikan kado cinta. Anak yang telah yatim ini, merasa bersyukur masih bisa menikmati kasih sayang sang Bunda.
Newsroom/Farah Dwi
Sidoarjo

Tags :
Konfirmasi Donasi