MUSIM HUJAN, WARGA BANTUL SIAP CEGAH PENYAKIT

BANTUL Memasuki musim hujan, banyak penyakit tahunan yang mulai menyerang masyarakat. Beberapa penyakit yang sering terjadi antara lain ISPA, diare, DBD, leptospirosis dan chikungunya. Ini saatnya setiap individu lebih peduli dengan  kesehatan.

Untuk mencegah terjadinya penyakit berbasis lingkungan di masyarakat, warga Dusun Karet, Pleret, Bantul bekerjasama  dengan program kesehatan Rumah Zakat cabang Yogyakarta mengadakan kegiatan peduli lingkungan mulai dari rumah dan lingkungan sekitar, Minggu (25/11) . Di antaranya dengan upaya pencegahan penyakit DBD melalui pemantauan jentik. 

Selain itu, diadakan juga lomba rumah sehat yang diikuti oleh seluruh warga Dusun Karet. Beberapa parameter dalam penilaian pemenang lomba antara lain kebersihan fisik rumah, pengelolaan sampah, ada tidaknya jentik nyamuk, kebersihan jamban, ketersediaan sumber air bersih, keberadaan ventilasi dan lain-lain. Warga sangat antusias dengan kegiatan pencegahan penyakit dengan pemantauan jentik  dan lomba rumah sehat.

Sebagai perilaku sehat mencegah penyakit seperti demam berdarah dan lainnya.  “Kami  senang dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan hari ini dengan program kesehatan Rumah Zakat cabang Yogyakarta. Semoga warga kami semakin sadar dan peduli kesehatan keluarga dan lingkungan sekitarnya,” ujar Ayu, Ketua Kader Kesehatan dusun Karet.

Program ini dilakukan dalam upaya pencapaian perilaku hidup bersih dan sehat. Hal ini bukan hanya agenda masing masing individu, akan tetapi agenda bersama seluruh warga masyarakat. Sehingga kesadaran warga untuk berperilaku
sehat dapat meningkatkan derajat  kesehatan bersama.***

Newsroom/Dwi Endah
Yogyakarta
Sumber http://www.berita99.com/berita/3589/musim-hujan-warga-bantul-siap-cegah-penyakit

Tags :
Konfirmasi Donasi